Kamis, 05 Mei 2016

Pola hidup sehat bagi Hepatitis B

Menerapkan pola hidup sehat menjadi hal yang wajib bagi penderita/penyintas hepatitis B. Pola hidup sehat bukan hanya berkutat pada aspek aktivitas atau fisik, tapi juga berlaku bagi rohani atau jiwa. Saya akan mencoba menjelaskan secara singkat pola hidup sehat yang bisa diterapkan oleh penyintas hepatitis B.

Menerapkan pola hidup sehat tidak hanya bagus untuk penyembuhan hepatitis B, tapi juga akan membawa manfaat lain yang lebih besar, sehingga menjaga tubuh dari penyakit-penyakit berat maupun degeneratif. Yang bisa saja menyerang kita pada usia muda, lebih-lebih diusia tua.


Dalam aspek fisik atau raga

Sebenarnya dalam tubuh sudah terdapat sistem yang begitu canggih yang telah diberikan secara cuma-cuma oleh Allah sang pencipta, yaitu sistem imun/pertahanan tubuh. Hanya saja sistem ini bisa melemah jika tidak dijaga dengan baik. Hidup tidak teratur, makanan dan minuman yang tidak diselektif dengan baik. Untuk itu untuk menjaga agar sistem imun tetap kuat, maka kita harus menjaganya dengan cara menerapkan pola hidup sehat. Pola hidup sehat yang baik menurut saya adalah sebagai berikut:

1. Tubuh setiap orang punya karakter yang selanjutnya saya sebut signature yang berbeda-beda. Andalah yang paling mengerti dengan tubuh anda, kekurangan dan kelebihannya, sehingga andalah sebenarnya yang paling tahu obat paling mujarab bagi tubuh anda.
2. Pastikan durasi tidur anda cukup, tidak terlalu lebih dan juga tidak terlalu kurang, orang dewasa dianjurkan kurang lebih 6 jam per hari. Tubuh punya jam detoksifikasi racun pada malam hari, anda sebaiknya memulai tidur lebih awal, jam 9 atau jam 10, karena pada saat itu, tubuh mulai melakukan proses detoksifikasi racun. Kemudian bangun pada kisaran jam 3 atau jam 4 pagi, laksanakan Shalat malam atau tahajjud, kemudian lanjutkan dengan shalat subuh. Shalat memberikan energi positif bagi anda yang baik untuk kesehatan. Kemudian setelah shalat subuh lakukan mandi pagi dengan air dingin, penelitian membuktikan mandi pada pagi hari setelah shalat subuh, dapat membantu membebaskan tubuh dari beberapa penyakit degeneratif seperti hipertensi. Bangun tidak telat juga baik bagi kesehatan. Penelitian membuktikan tidur terlalu lama dan bangun kesiangan bisa membuat anda malas beraktifitas pada hari itu, dan bisa saja terserang penyakit penurunan daya ingat, dll.
3. Seleksi makanan yang halal dan baik bagi tubuh anda. Halal dan baik harus terpenuhi, karena bisa saja bagi si A nasi putih baik baginya namun tidak bagi si B karena dia menderita diabetes. Berdasarkan referensi yang saya peroleh, ada 2 tipe pola makan sehat yang baik bagi penyintas hepatitis B, yaitu food combining dan diet ketogenic. Saya akan membahas hal ini lebih jelas dibagian lain.
4. Minum air putih minimal 2 liter per hari. Air putih yang baik adalah yang mengandung mineral. Air RO (reverse osmosis) dan air distilasi tidak baik bagi tubuh karena hampir tidak memiliki mineral yang diperlukan tubuh untuk bermetabolisme.
5. Olahraga teratur minimal 3 sesi per minggu. Sangat disarankan olahraga kardiovaskuler yang bisa didapatkan dari olahraga cabang atletik seperti lari maupun berenang. Hal ini bertujuan agar peredaran darah menjadi lebih lancar sehingga tidak terjadi penumpukan kolesterol dipembuluh darah. Selain itu dengan berolahraga membuat tubuh anda menjadi lebih bugar. Pak Habibie mantan presiden ke 3 RI, masih cukup bugar diusianya kini yang sudah cukup tua, karena salah satunya beliau setiap hari meluangkan waktu 1 jam untuk berenang.
6. Jauhi makanan cepat saji yang minim nutrisi penting bagi tubuh anda, justru dipenuhi oleh lemak, kolesterol, glukosa dll yang kadarnya tidak sehat dan jauh dari kebutuhan tubuh. Jauhi pula makanan yang yang tersentuh oleh pestisida (tumbuhan), dan hormon penumbuh (hewan). Sebisa mungkin konsumsi makanan yang organik.
7. Jauhi minuman selain air putih. Seperti teh, kopi, susu, soda, dan produk minuman lain yang biasa berbentuk sachet. Air mineral putih adalah yang terbaik bagi tubuh anda.
8. Vit, D sangat penting bagi kesehatan hati. selama ini kita hanya tahu vit.D penting bagi tulang. Vit.D bisa diperoleh dari makanan hewani maupun nabati. tetapi saya sangat menyarankan agar anda berjemur sinar matahari pada jam mulai terbit matahai sampai jam 9 pagi, atau sore jam 4 sampai matahari terbenam selama 10-15 menit perhari.
9. Rokok dan alkohol adalah benda wajib yang harus anda jauhi, 2 benda ini sudah terkenal akan keampuhannya memberi efek buruk bagi tubuh anda, tidak ada toleransi bagi 2 hal ini.


Bersambung......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar